Ketua BPW LSM JARRAK Bali
 I Made Rai Sukarya

KATA SAMBUTAN

Salam JARRAK….!!!
Selamat datang di Website Jaringan Reformasi Rakyat “JARRAK” Bali. Dibawah ini sengaja kami lampirkan sambutan dari Bapak I Made Rai Sukarya, selaku Ketua Umum Badan Pengurus Wilayah (BPW) LSM JARRAK Bali pada Pengukuhan dan Pelantikan Pengurus BPW dan BPD LSM JARRAK se-Bali.

Salam Jaringan Reformasi Rakyat.
Om Swastiastu,
Mengawali sambutan ini, selaku Ketua Umum BPW LSM JARRAK Bali, marilah kita memanjatkan puji dan syukur kehadapan Ida Sanghyang Widhi Wasa, Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan berkah dan rahmat kepada kita semua. Sehingga di hari yang berbahagia ini kita dapat bersama-sama hadir untuk melaksanakan “Pengukuhan dan Pelantikan Badan Pengurus Wilayah (BPW) JARRAK Bali sekaligus Pelantikan seluruh Badan Pengurus Daerah (BPD) JARRAK se-Bali” dengan tema utama “LSM JARRAK Bali Maju Bersama Rakyat Bali Membangun Perubahan”.

Pada kesempatan ini, kami menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu dan telah membantu dalam menfasilitasi kegiatan pengukuhan dan pelantikan hari ini serta para undangan yang hadir untuk mengikuti acara ini. Kami memandang acara ini sangat penting dalam rangka membangun kesadaran dan pemikiran yang kritis untuk membangun Bali menuju satu perubahan.

Hadirin yang berbahagia, dalam sebuah perbincangan lewat percapakan Media Sosial atau Medsos dari seorang kawan berkomentar dalam bentuk pertanyaan, apa untungnya bergabung di LSM JARRAK ataupun apa itu LSM JARRAK dan apa tujuan berdirinya LSM anti korupsi ini? Kita tentu mempunyai berbagai penilaian dan jawaban atas pertanyaan tersebut. Sebagian dari kita mungkin mengatakan, ini pertanyaan yang mestinya tidak perlu dijawab.

Namun jika kita telusuri bersama, pertanyaan ini sebenarnya mengisyaratkan betapa menariknya nama LSM JARRAK di masyarakat yang ingin melakukan perubahan dan ikut serta menentukan masa depan Bali sebagai Visi LSM JARRAK Bali. Apalagi fenomena berdirinya LSM JARRAK saat ini nama besarnya sudah tersebar dari semua Jaringan Reformasi Rakyat di seluruh Indonesia. Termasuk JARRAK Bali tidak semata-mata berdiri tanpa sebuah konsep dasar dalam perjuangan untuk membangun satu perubahan di Bali, yang memiliki tujuan sebagai 4 Pilar Misi LSM JARRAK Bali, yakni :

1. Membangun jaringan dan kaderisasi sosial dan ekonomi masyarakat hingga di pedesaan.
2. Membangun persatuan dan kesatuan untuk membangun persaudaraan diantara masyarakat
3. Membangun pemberdayaan masyarakat melalui berbagai program yang bersinergi dengan pemerintah pusat dan daerah, termasuk pihak swasta.
4. Membangun fungsi kontrol dan berkontribusi bersama Legislatif dan Yudikatif dalam pembangunan yang dicanangkan oleh Eksekutif.

Jadi lewat 4 Pilar Misi LSM JARRAK itu, kita ingin awali dengan membangun kebersamaan JARRAK yang secara terbuka akan jauh melebihi dari saudara. LSM ini juga akan dijadikan network untuk generasi kita berikutnya. Karena JARRAK itu tidak pernah MATI, sepanjang ada kerjasama dengan Anggota JARRAK yang sudah ada dan terbentuk dimana-mana di seluruh Indonesia. Hal ini bisa menambah motivasi dan bisa melekat dalam hati kita sebagai rekan-rekan seperjuangan JARRAK Bali yang tangguh.

Apalagi kondisi negeri kita saat ini membutuhkan kekompakan rekan-rekan JARRAK untuk saling bertukar informasi dan berperan serta ikut dalam sektor pembngunan di wilayah kita masing-masing. Maka dengan niatan suci demi terciptanya tatanan masyarakat Bali yang cerdas, mandiri, aman, damai dan sejahtera, seluruh kader JARRAK se-Bali berkumpul dan bersatu untuk menjadi satu pelopor dalam mengawasi pembangunan sampai terjadi satu perubahan untuk tatanan sosial dan ekonomi masyarakat di seluruh Bali.

Hadirin yang berbahagia,
Pada kesempatan ini perkenankan saya menyampaikan terima kasih yang tak terhingga kepada JARRAK Pusat yang berkenan hadir pada acara deklarasi hari ini, terutama Dewan Pembina dan Dewan Kehormatan JARRAK yang telah memberikan arahan pada Pengurus JARRAK se-Bali dalam mempersiapkan acara pengukuhan dan pelantikan ini, serta kader-kader JARRAK kabupaten dan kota se-Bali yang berkenan hadir dalam acara ini. Termasuk panitia yang telah bekerja siang dan malam untuk mempersiapkan acara ini. Terima kasih juga kami ucapkan untuk Kapolda Bali, Kajati dan Kajari seluruh Bali dan instansi lainnya serta semua tokoh masyarakat, bahkan seluruh elemen masyarakat yang telah menghadiri acara ini.

Akhirnya sebagai penutup sambutan ini, kami berharap kedepan nanti akan tercipta semangat bersama yang dapat memberikan sumbangan daya pikir yang kritis untuk kemajuan masyarakat Bali sekaligus mengawasi dan memantau setiap proses pembangunan pemerintah dan swasta sebagai peran fungsi kontrol dalam pelaksanaan pembangunan di Pulau Dewata yang kita cintai bersama ini.

Demikian beberapa hal yang ingin kami sampaikan, semoga Ida Sanghyang Widhi Wasa, Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan bimbingan, rahmat dan limpahan-Nya kepada kita semua untuk berjuang dan memajukan masyarakat Bali.
Salam JARRAK, Jaringan Repormasi Rakyat.
Om, Santhi, Santhi, Santhi, Om.


Denpasar, 24 Agustus 2017

Salam Hormat,

 

I Made Rai Sukarya

Ketua BPW LSM JARRAK Bali